Sambal Galaksi, sebuah usaha Rintisan/Startup rumahan yang dimulai dengan cinta

Diambil oleh Jesie Basuki

Cerita ini dimulai sejak tahun 2000, di masa istri saya masih menjadi mahasiswi yang memiliki hobi dan kecintaan pada hal masak-memasak membuat sambal untuk keluarga dan teman-temannya yang berujung pada munculnya pujian dan senyuman mengungkapkan betapa mereka menyukai sambal buatan istri saya.

Seiring berjalan waktu, 16 tahun kemudian di tahun 2016 ini tanpa sengaja hobi dan hasrat kecintaan terhadap memasak sambal tersebut muncul kembali dan sekedar menjadi diskusi ringan penuh canda mengenai ide memproduksi sambal dengan konsep buatan rumah, tanpa pengawet dan sederhana.

Hal yang kami lakukan pertama kali adalah mencari produsen botol sambal terbuat dari plastik, yang kami perlukan untuk dijadikan contoh.

Beruntungnya di era serba digital ini, kebutuhan mencari barang apa pun mudah sekali dilakukan dan di dapat dengan memanfaatkan situs belanja daring atau pun media sosial seperti instagram.

Ketemulah produsen botol sambal, dan berikutnya adalah munculnya pesanan. Sambil jalan iseng pula saya membuka aplikasi pengolah grafis di laptop saya dan berkat kemampuan begadang (hehehe) sebuah desain sederhana untuk nama sambal tersebut lahir; Sambal Galaksi, sebuah akronim Galak dari Bekasi untuk menjelaskan arti Galaksi, plus sebagai pengingat mengenai kejadian beberapa waktu lalu mengenai Bekasi yang menjadi “korban” risak/bully di ranah internet.

Nama Galaksi pun jadi inspirasi logo dari Sambal Galaksi dengan menggunakan planet Saturnus sebagai acuan.

Sebuah ide yang menghasilkan karya serius saya rasakan akan menjadi tanggung jika tidak di jalankan lebih jauh, dan istri saya sepakat.

Untuk itulah kemudian dengan kondisi awal modal dengkul atau Ā bootstrap usaha Rintisan/startup ini muncul dengan pola strategi ramping/Lean Strategy.Ā 

Facebook menjadi alat marketing kami dan Alhamdulillah, sangat efektif dan berjalan hingga hari ini.

Dimulai sejak 14 Juni 2016, hingga kini tanpa diduga sudah 130 botol kami distribusikan dalam bentuk penjualan mau pun cicip rasa/product tasting.

Dalam strategi cicip rasa/tasting, kami tidak pernah membuat produk contoh/tester yang berbeda kemasan atau pun isi, kami memberikan sebuah produk Sambal Galaksi yang sama kemasan, berat, dan kualitas yang sama dengan yang kami jual.

Yang kami utamakan hingga saat ini adalah rekomendasi dan saran dari para pelanggan Sambal Galaksi untuk kami jadikan acuan pengembangan dan luar biasa, dan kami pun selalu berbagi pengalaman dari Sambal Galaksi.

Berbagai macam ide, rekomendasi dan saran pun muncul dari pelanggan mau pun dari lingkaran teman kami di media sosial Facebook.

Dalam perkembangannya saran yang kami nilai paling banyak adalah mengenai tampilan/image dari Sambal Galaksi.

Dan kami mendengar, lalu kami cari bantuan profesional memanfaatkan bantuan dari sebuah Rintisan/StartupĀ Sribu.comĀ dengan membuat kontes desain dengan hadiah sebesar Rp.640 ribu.

Dari 2 desain terfavorit, kami putuskan desain dan logo ini akan menjadi tampilan dari Sambal Galaksi.

Saat ini kami terus berbenah untuk memperbaiki cara pengemasan yang baik dan strategi pengiriman yang tepat karena memang sejak awal kami memposisikan Sambal Galaksi adalah sambal yang diproduksi tanpa bahan pengawet, dan semoga bisa seperti itu dengan teknologi pengolahan pangan kelak. Demikian juga strategi produksi dan pemasaran yang terus kami godok.

Dan saat ini saya sangat bangga bisa mendukung impian istri saya, menjadi success factor dan menjadi anak tangga menuju kesuksesannya dan Sambal Galaksi.

Dan sampai juga kami pada kesimpulan, Sambal Galaksi adalah sambal khas yang menawarkan harmonisasi antara rasa pedas yang menggigit dan manis saling bergantian.

Sambal Galaksi juga kami hadirkan untuk bisa dikombinasikan sebagai bumbu dasar masakan lain seperti Nasi Goreng, Sambal Terong, Bumbu Ayam Bakar, dan masih banyak lainnya.

Kami memegang impian menciptakan ulang sambal, tidak hanya sebagai pelengkap makanan utama, tetapi menjadi makanan utama yang memiliki rasa dominan menutupi kekurangan makanan utama lainnya.

Bismillah, tugas belum selesai, belum apa-apa. šŸ™‚

Iklan

2 pemikiran pada “Sambal Galaksi, sebuah usaha Rintisan/Startup rumahan yang dimulai dengan cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s