Tutorial: Pengenalan Instalasi Oracle Solaris 11 Express 2010.11

Introduksi

Oracle baru saja merilis sistem operasi terbaru Oracle Solaris 11 Express 2010.11 yang merupakan separuh kelanjutan dari sistem operasi warisan Sun Microsystems Sun Solaris 10.

Dikatakan separuh kelanjutan karena Oracle sendiri menargetkan untuk merilis Oracle Solaris 11 pada tahun 2011 yang diperkirakan merupakan rilis resmi pengganti sistem operasi Oracle (Sun) Solaris 10 yang sudah terkenal ketangguhannya dan dipakai secara luas untuk sistem yang menuntut kehandalan dan performa tinggi 24×7, 365 hari bersamaan dengan road map pengembangan perangkat keras arsitektur SPARC & X86.

Sistem operasi Oracle Solaris 11 Express 2010.11 (selanjutnya disebut Oracle Solaris 11 Express) yang dibahas berikut bisa dikatakan “pemanasan” menjelang peristiwa diatas, diklaim menawarkan hal baru yang bisa sebenarnya sudah ada di sistem operasi Solaris 10 maupun sistem operasi versi komunitas, Open Solaris.

Hal baru yang ditawarkan oleh Oracle Solaris 11 Express adalah:

1. Instalasi (dengan menggunakan LiveCD)

Oracle Solaris 11 Express menawarkan dua jenis cara penginstalan “baru” yaitu dengan cara Automasi untuk instalasi dalam jumlah banyak secara paralel (mirip dengan fitur instalasi Jumpstart di Sun Solaris 10).

Lalu instalasi untuk “veteran” dengan berbasiskan teks yang umum digunakan jika membutuhkan paket-paket tertentu atau sebagai sistem pengembangan.

Dalam instalasi pun kini pengguna tidak bisa menggunakan user root secara langsung dan harus membuat satu akun yang akan mempunya role seperti root dan setelah proses instalasi segala kendali sistem dieksekusi melalui perintah sudo yang tidak pernah ada sebelumnya di Sun Solaris 10. Sama seperti ketika menginstal sistem operasi GNU/Linux Ubuntu.

2. Pengelolaan Perangkat Lunak

IPS (Image Packaging System).

Bagi para pengguna GNU/Linux terutama yang berbasis Debian (derivatifnya; Ubuntu) tentu sudah familiar dengan instalasi, pemutakhiran dan penghapusan program melalui sistem repositori lokal maupun via koneksi internet.

Oracle Solaris 11 Express pun kini menawarkan hal yang hampir sama dengan sistem IPS yang bisa diakses ke http://pkg.oracle.com/solaris/release dan https://pkg.oracle.com/solaris/support dan bisa juga dibuat mirror lokal.

Selebihnya apa yang ditawarkan Oracle Solaris 11 Express hampir bisa ditemui pada sistem operasi pendahulunya (Sun Solaris 10 atau Open Solaris) seperti ZFS, Container/Zones, IPMP.

Panduan Instalasi Oracle Solaris 11 Express

Berikut ini adalah panduan singkat instalasi Oracle Solaris 11 Express secara virtual dengan menggunakan Oracle Virtualbox.

1. Pastikan sudah terinstal Oracle Virtualbox, jika belum bisa diunduh di http://oracle.com/dan untuk dokumentasinya bisa didapatkan di http://oracle.com/documentation.

2. Unduhlah berkas Oracle Solaris 11 Express dari http://oracle.com/. Anda harus memiliki akun di Oracle.com yang bisa dibuat secara gratis. Saya memilih untuk mengunduh berkas LiveCD Oracle Solaris 11 Express (sol-11-exp-201011-live-x86.iso) sebesar 700 Mega Bita.

3. Di VirtualBox, alokasikan memori fisik yang digunakan untuk menjalankan Oracle Solaris 11 Express minimal 700 Mega Bita, dan besaran partisi dinamis diatas 8 Giga Bita.

4. Setelah 3 langkah diatas dilakukan, selanjutnya langkah instalasi bisa mengikuti panduan dari gambar dibawah ini:

Ada yang kenal Jack? Itu yang jadi pertanyaan saya ketika VirtualBox selesai memboot berkas .iso dari LiveCD Oracle Solaris 11 Express.

LiveCD Oracle Solaris 11 Express menggunakan Gnome untuk antarmuka grafis pengguna sehingga tidak menyulitkan bagi yang sudah familiar dengan GNU/linux (Ubuntu).

Pemilihan ukuran partisi harddisk yang akan digunakan oleh Solaris dengan pilihan yang tersedia; menggunakan seluruhnya atau tentukan besarnya. Untuk mudahnya gunakan Solaris2 untuk tipe partisi yang digunakan.

Pemilihan zona waktu dan penanggalan.

Bahasa yang akan digunakan dan format spesifik yang digunakan, disarankan untuk memilih standarnya, United States.

Bagian “terbaru” dari proses instalasi Oracle Solaris 11 Express yaitu penggunaan user yang memiliki role sebagai root yang tidak bisa diabaikan tidak seperti di Sun Solaris 10 yang langsung menggunakan user root .

Siap menginstalasi Oracle Solaris 11 Express? Pastikan konfigurasi sudah sesuai dengan kebutuhan.

Bertahanlah, anda akan mendapatkan perspektif baru mengenai Unix Solaris.

Selesai. Reboot

Sepertinya saya kenal? Oh ya, GNOME, mirip sekali tampilan sistem operasi di notebook saya.

Ya itu dia, Oracle Solaris 11 Express.

Hore untuk sudo!

Kesimpulan akhir

Oracle atau tepatnya dulu Sun Microsystems pernah meluncurkan Sun Java Desktop yang merupakan versi turunan dari Sun Solaris 10 karena sama-sama menggunakan Sun OS 5.10 tetapi kemudian hal tersebut bisa dikatakan hancur lebur gagal karena tidak jelasnya posisi Sun Java Desktop.

Oracle Solaris 11 Express jelas menampilkan hal baru. Sayangnya penggunaan Oracle Solaris 11 Express tidak diperkenankan untuk digunakan dalam lingkungan produksi aktif sehingga ketangguhan Sun Solaris 10 yang sudah teruji tidak bisa terlihat di Oracle Solaris 11 Express dan masih perlu menunggu hadirnya Oracle Solaris 11.

Iklan

3 pemikiran pada “Tutorial: Pengenalan Instalasi Oracle Solaris 11 Express 2010.11

  1. terlepas dari bagusnya Solaris 11 ini, saya lebih senang memperhatikan betapa Anda memberi perhatian khusus untuk menggunakan kata-kata serapan teknologi πŸ™‚ Salah satu yang menarik : pemutakhiran -> padanan kata “update” ya? πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s