Pahlawanku: Relawan Bencana

“Para relawan harusnya memiliki keahlian bencana, cepat, tanggap serta memiliki kemampuan koordinasi yang baik. “Harus lebih cepat lebih baik,” ujarnya. – Jusuf Kalla, Tempo interaktif

Disaat pemerintah Indonesia sepertinya bingung untuk menetapkan gelar pahlawan untuk beberapa tokoh, hati kecil saya sudah langsung mantap bahwa relawan bencana lebih berhak menerima gelar tersebut.

Jika mungkin pemerintah secara ajaib (karena bisa sejalan dengan hati saya) menunjuk para relawan sebagai pahlawan, inilah mungkin kado penyejuk dan penyemangat bagi para relawan yang dengan segala daya, tanpa lelah, bahkan kadang hanya dibekali semangat ingin menolong saja tanpa keahlian apapun seperti dikritisi oleh ketua PMI Jusuf Kalla.

Relawan di Merapi Interaktif (tempointeraktif.com)

Wasior, Mentawai, & gunung Merapi Jogja saat ini menjadi saksi ketangguhan mereka. Bahkan letusan gunung Merapi Jogja menjadi kisah nostalgia antara Jumirah dengan Sigit Agung Maryanus, seorang relawan yang pernah menolong Jumirah, 16 tahun lalu.

Para relawan ini adalah manusia sederhana, segera jalan ke lokasi musibah tanpa perlu komando BNPB. Mereka mewakili kami yang saat ini mungkin sedang berdoa, menatap cemas berita di televisi dan internet, atau menyumbangkan hartanya untuk saudara kami yang menjadi korban. Wakil sesungguhnya rakyat, bukan pengkhianat rakyat yang gemar berwisata ketika musibah melanda dan hanya berkata “siapa suruh tinggal di pulau”.

Buat saya sudah jelas, relawan bencana adalah pahlawan saya, wakil rakyat sesungguhnya di masa bencana.

Semoga Indonesia tetap bersatu dan donasi, doa, apapun bentuk simpati kita menjadi perekatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s