Konektifitas Samsung YP-P3 dan Linux Ubuntu

Maaf saya masih agak malas memakai Koala Karmic, tapi dasarnya tutorial ini sama saja jika di terapkan di Ubuntu 9.10 atau pun Hardy, atau Linux distribusi lainnya.

Samsung YP-P3 atau Yepp-P3, pemutar multimedia dari negeri ginseng ini (sebenarnya YP-P3 yang saya miliki berasal dari pabrikan Indonesia 😀 ) saya akui tidak begitu ramah dengan Linux jika memakai setingan aslinya untuk dikoneksikan ke komputer bersistem operasi yang bukan buatan Microsoft Windows, yaitu MTP (Media Transfer Protocol, atau boleh dibilang Microsoft Transfer Protocol).

Linux Ubuntu pun memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat digital berbasiskan koneksi MTP sebagai media penyimpanan dengan tersedianya libmtp dengan mtpfs mau mtp-tools. Hanya karena untuk kemalasan kemudahan pada tutorial ini saya lebih memilih menggunakan koneksi UMS yang lebih terbuka dan fleksibel.

Oke, langsung saja hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah koneksi P3 dari MTP ke UMS, bisa dilakukan dengan mengakses menu Settings > Systems > Pc Connection > UMS

Ubuntu bisa langsung mengenali pemutar multimedia ini dengan mudah, sebagai layaknya perangkat penyimpan besar.

Oke sampai disini Linux Ubuntu telah berhasil mengenali P3, hal berikutnya adalah membuat P3 bisa dikenali Rhythmbox dan bisa memanfaatkan fitur dari Rhythmbox (music stores, etc).

Yang perlu dilakukan adalah membuat sebuah file bernama *.is_audio_player, dengan isian menunjuk ke direktori/folder dimana folder Music berada sehingga Rhythmbox bisa melihat P3. Taruh file tersebut di direktori root (/) dari P3.

audio_folders=MUSIC/
folder_depth=2

Abrakadraba! bukan sulap bukan sihir, P3 sekarang terlihat di Rhythmbox.

Masih ada yang kurang ya? id-tag tidak terlihat! 😀 Oleh karena itu, manfaatkanlah EasyTAG . Caranya dengan menginstal paket tersebut.

jesie@solace:~$ sudo apt-get install easytag

Hasilnya seperti berikut,

Maka hasil akhir seperti ini,

Selamat mencoba! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s